Viral Video Sekda OKI Minta Kades Dukung Caleg Tertentu,Bawaslu Sumsel Angkat Bicara

PALEMBANG oganpost.com-Beredar video Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Asmar Wijaya MSi meminta kepada kepala desa (Kades), Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel untuk mendukung bakal calon legislatif (bacaled) tertentu pada Pemilihan Legislatif 2024.

“Saya menyampaikan pesan dari Bapak Bupati karena beliau tidak berkesempatan hadir mohon dukungan dan doanya,” kata Asmar Wijaya, Sabtu (30/9/2023).

Asmar Wijaya mengatakan, seluruh kades Kabupaten OKI termasuk masyarakat di masing-masing desa untuk mendukungnya.

“Ini tujuannya agar apa yang dicita-citakan Alki Ardiansyah untuk maju sebagai anggota DPRD Sumsel dan Bapak Iskandar SE selaku calon anggota DPR RI 2024 dapat terwujud,”ujarnya.

Menanggapi viralnya video itu, Bawaslu Sumsel angkat bicara mengingatkan agar ASN untuk netral dan tidak mengarahkan perangkatnya ke masyarakat untuk memilih calon tertentu di Pemilu 2024.

“Kami imbau para ASN di Sumsel, untuk menjaga netralitas sesuai edaran Menpan-RB,” kata Ketua Bawaslu Sumsel, Kurniawan, Jumat (29/9/2023).

Anggota Bawaslu Sumsel Divisi Penanganan Pelanggaran, Ahmad Naafi, mengatakan Bawaslu akan menelusuri adanya ajakan Sekda atau ASN di OKI untuk mengarahkan perangkat desa memilih orang tertentu di Pileg 2024 nanti.

“Pastinya, kita telusuri kapan di mana kejadiannya, sebab dari informasi awal video tersebut terjadi di tanggal 25 Agustus 2023 lalu, bertempat di Bogor,”ucapnya.

Disampaikan dia,dugaan pelanggaran nanti akan dikaji termasuk netralitas ASN, maupun dugaan pelanggaran sesuai PKPU 15/2023 tentang kampanye,"Ya dugaan pelanggaran ini akan kita kaji terlebih dahulu,"ungkapnya.(SMSI Sumsel)

No comments

Powered by Blogger.