KSM Kedaton Miliki Mesin Pencacah

KAYUAGUNG- Guna memaksimalkan pengolahan sampah yang nantinya diolah menjadi barang yang bernilai ekonomis. Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kelurahan Kedaton, Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), telah memiliki satu unit mesin pencacah plastik keras.

“Kami sebagai petugas kebersihan dan juga KSM untuk Kelurahan Kedaton ini berterima kasih kepada Pemkab OKI melalui dinas terkaitnya sehingga operasional disini dapat terbantu. Sebab hasil sampah yang kami kumpulkan seperti barang-barang plastik bekas ini telah dapat diolah sendiri dengan mesin pencacah plastik. Baik melalui mesin pencacah plastik lunak, maupun mesin pencacah plastik keras, “ ujar Yadi pengelola KSM Kedaton.

Dikatakannya, untuk sampah organik yang telah diolah, akan menjadi pupuk kompos. Namun jika sampah organik dipisahkan dulu antara plastik keras seperti ember atau bak plastik, serta barang plastik keras lainnya. Kemudian dicacah dengan mesin pencacah sesuai dengan tekstur masing-masing. Setelah dicacah, dibersihkan, lalu dikeringkan, dan siap untuk dijual ke Palembang maupun Lampung.

“Semua sampah dapat diproses dengan cepat, hanya saja pemerintah hendaknya dapat memikirkan keperluan dan kebutuhan para pemungut sampah yang ada ini seperti, penyediaan alat pengangkut, bahan bakar mesin, maupun mesin pengolah sampah yang lebih maju dan canggih lagi dari yang ada saat ini, “ungkapnya.

“Kami pun berharap pemerintah dapat membantu operasional kegiatan pengomposan dan pencacahan plastik tersebut. Sebab ini juga untuk membantu kelancaran kebersihan lingkungan khususnya lingkungan kecamatan Kayuagung ini,”tukasnya.(san)

1 comment:

  1. Agen Sportsbook Terlengkap Dan Terbesar Di Indonesia
    Bonus Freechips IDR 2.000.000 Spesial Ulang Tahun Bolavita Ke 6
    Ayo Daftar Dan Pilih Tim Jagoanmu Sekarang Juga

    Mari Kunjungin Segera Website kami :
    www(titik)bolavita(titik)fun
    www(titik)sateayam(titik)club
    www(titik)pokervita(titik)live

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Live Chat Online 24 JAM NONSTOP !!!
    WA : +628122222995
    Pin BBM : BOLAVITA / D8C363CA (NEW)



    ReplyDelete

Powered by Blogger.