Jalan Mirip Bubur, Tiga Desa Nyaris Terisolir

PALI,oganposts.com-Akses jalan menuju desa Semangus, Benakat Minyak dan Sungai Baung Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) nyaris terputus sama sekali, setelah jalan menuju tiga desa tersebut hancur dan berubah mirip bubur,hujan deras beberapa hari terakhir merubah jalan tanah itu menjadi berlumpur,otomatis kendaraan tak bisa lewat.

Pantauan wartawan, beberapa titik jalan rusak parah,bebagai jenis kendaraan sampai tergelincir masuk parit akibat licinnya jalan,warga yang menggunakan kendaraan bermotor pun kesulitan untuk melalui medan lumpur yang lengket tersebut.

Titik jalan yang lancar dilalui hanya jalan yang sudah dicor beton oleh Pemkab PALI,"Untung bae ado coran beton oleh Pak Bupati, jadi ado lemaknyo jugo,kalu dak tu pacak nginep dijalan kami nii" ujar Evi, warga Benakat Minyak kamis(25/12)

"Lemak nian wong perusahaan pakai mobil double cabin, jalannya lancer,kalo kami nii justru susah karno mobil kami mobil biaso" tambah Evi dengan raut wajah kesal.

Aktifitas perekonomian warga pun jadi terganggu,tampak beberapa kendaraan yang mengangkut kebutuhan pokok warga ikut terpuruk diantara belasan kendaraan lain seperti truk, minibus dan pick up,"kami baru balek belanjo manisan di pendopo untuk‎ dijual lagi didusun,kalu cak inilah, caknyo lokak nginep disini," kata Eko, salah satu warga Semangus.

Camat Talang Ubi, Asrohi S.Sos.MH yang dihubungi wartawan mengungkapkan bahwa jalan menuju ketiga desa tersebut berstatus jalan perusahaan dan menjadi tanggung jawab beberapa perusahaan besar yang menggunakannya,"Jalan itu adalah jalan perusahaan, dan menjadi tanggung jawab perusahaan untuk memperbaiki,namun Pemkab PALI pada tahun 2014 ini sudah melakukan pengecoran beberapa kilometer pada titik jalan yang rusak parah," jelas Asrohi.

Asrohi menambahkan, akibat keterbatasan dana, Pemkab PALI belum melakukan pengecoran seluruhnya,"Seharusnya, perusahaan yang menggunakan jalan tersebut juga ikut berpartisipasi melakukan pengecoran,sehingga permasalahan jalan ditiga desa tersebut bisa teratasi" ungkap Asrohi.

Beberapa perusahaan yang beroperasi ditiga desa itu adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang migas dan kehutanan, yaitu PT Pertamina EP Pendopo, PT KSO Benakat Barat Petroleum, PT Musi Hutan Persada dan PT MedCo Energi.

Sementara itu M.Nuh Hulian, Humas PT KSO Benakat Barat Petroleum‎ (PT BBP) yang dihubungi wartawan mengakui telah terjadi kerusakan parah dijalan Benakat Minyak. "Memang benar sejak kemarin rusak, tepatnya dekat coran beton pemkab desa Benakat Minyak-Sungai Baung,tidak terlalu panjang rusaknya," terang M.Nuh.

Pihak PT BBP‎, menurut M.Nuh sudah menyiapkan alat berat untuk melakukan perbaikan, namun terkendala jalan coran yang sudah dibangun Pemkab,"Kita sudah koordinasi dengan kades untuk memperbaikinya,tapi kalau kita kirim alat berat kesana, takutnya jalan yang Dicor Pemkab justru rusak terkena track alat berat. Kita masih cari cara agar alat bisa masuk kesana," tutur M.Nuh.(wito)

No comments

Powered by Blogger.